4 Tips Memulai Bisnis Penyewaan Gudang di Surabaya

1 min read

Banyak sekali jenis bisnis yang bisa dipraktikkan. Mulai dari bisnis makanan, bisnis fashion, bisnis digital, hingga bisnis penyewaan gudang di Surabaya. Bisnis penyewaan gudang memiliki potensi yang tinggi, karena saat ini banyak perusahaan yang membutuhkannya. Biaya sewa gudang juga tidak main-main. Pertahun, rata-rata gudang disewakan dengan harga ratusan juta rupiah.

Namun, tidak ada permulaan bisnis yang gampang. Sebelum kamu terjun ke bisnis penyewaan ini, kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Pahamilah kebutuhan pasar, misalnya memahami jenis gudang apa yang sedang banyak dicari, berapa harga pasar saat ini, dan lain sebagainya.

Agar tidak salah langkah dalam memulai bisnis penyewaan gudang, berikut tips memulai bisnis penyewaan gudang.

1. Pahami Tipe Gudang

Langkah pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai bisnis sewa gudang adalah memahami tipe gudang. Meski gudang merupakan tempat penyimpanan, namun banyak juga jenisnya loh, antara lain gudang pusat sortir, gudang penyimpanan bahan baku, gudang transhipment, dan beberapa jenis lainnya.

2. Atur Ukuran Gudang

Atur ukuran gudang sesuai dengan kebutuhan pasar. Kamu perlu melakukan riset terkait ukuran gudang yang banyak digunakan perusahaan saat ini. Setelah itu, atur tata letak atau layoutnya, agar nanti barang bisa dengan mudah keluar masuk.

3. Siapkan Alat dan SDM

Beberapa alat dibutuhkan di gudang sebagai kelengkapan tersendiri. Misalnya alat yang digunakan untuk menahan beban dengan stabil atau yang familiar dengan nama pallet. Kemudian peralatan lain seperti karton, rak, label barang, pendeteksi kebakaran, forklift, dock leveler, dan lain sebagainya.

Kemudian siapkan pula Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membantu proses bongkar muat.

4. Tentukan Sistem Sewa

Sistem sewa gudang sangat variatif, misalnya dari jangka penyewaan, kamu bisa memasang penawaran sewa perhari, perbulan, hingga per tahun. Selain itu, ada pula sistem penyewaan ketersediaan ruangan atau alat. Misalnya per meter kubik, per CBM, atau per pallet.

 

4 tips di atas bisa kamu praktikkan ketika ingin membuka bisnis sewa gudang di  Surabaya. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://renaultcapturcar.blogspot.com/ https://renaultcliocar.blogspot.com/ https://renaultkwidspecs.blogspot.com/ https://renaultmeganecar.blogspot.com/ https://renaultzoecar.blogspot.com/