5 Tips Maksimalkan Hasil Foto dengan Aplikasi Adobe Lightroom Mobile

1 min read

Adobe Lightroom Mobile

Memiliki hobi fotografi baik dengan kamera profesional seperti SLR dan DSLR? Atau hobi memotret dengan bermodalkan kamera ponsel? Pastikan kamu memaksimalkan hasil foto kamu dengan aplikasi edit foto seperti Adobe Lightroom Mobile.

Adobe Lightroom merupakan aplikasi yang bisa dikatakan ampuh untuk menyulap sebuah foto menjadi lebih hidup. Aplikasi ciptaaan perusahaan Adobe ini sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya.

Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mencoba beberapa tips di bawah. Tentunya selain menerapkan tips di bawah, kamu harus terlebih dahulu memaksimalkan hasil foto dari awal ya.

Adobe Lightroom Mobile

1. Gunakan Format Foto RAW

Seperti yang kita ketahui, untuk sebuah file foto memiliki beragam format yang bisa digunakan, seperti JPG, PNG, RAW, dan beberapa lainnya. Jika kamu menginginkan hasil yang lebih maksimal, kami sarankan untuk memilih jenis format RAW.

Mengapa harus format RAW untuk foto? Hal ini disebabkan jenis foto RAW tidak mengalami kompresi yang menyebabkan penurunan kualitas foto seperti halnya pada format foto lainnya. Jadi, tentunya hasil foto ketika melalui proses editing bisa menjadi lebih tajam dan detail.

2. Manfaatkan Beragam Presets Lightroom

Berbeda dengan beragam aplikasi editing foto lainnya, Adobe Lightroom hadir dengan fitur Presets yang memungkinkan kamu dan pengguna Lightroom lainnya untuk saling berbagi presets.

Kamu bisa download preset lightroom gratis dengan mencarinya melalui Google. Tersedia beragam presets menarik dan estetik yang bisa langsung kamu gunakan. Jadi, kamu cukup memilih presets mana yang cocok dengan foto kamu dan tinggal ekspor. Lalu, kamu bisa membagikannya pada sosial media favorit.

3. Atur Kecerahan Foto

Saat sedang memotret, terkadang ada beberapa kondisi diluar kendali kita yang menyebabkan hasil foto kurang maksimal. Seperti langit mendung yang menyebabkan kurang cahaya dan menyebabkan foto gelap.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Dengan Adobe Lightroom, kamu bisa mengatur tingkat kecerahan atau exposure untuk mendapatkan kecerahan foto yang sesuai. Selain itu, kamu juga bisa mengatur seperti tingkat kontras dan highlight pada foto. Jangan lupa, agar foto lebih berwarna, kamu bisa mainkan fitur saturasi dan custom color yang tersedia.

4. Atur Komposisi Foto

Mungkin kamu sudah pernah mengenal beberapa teknik dalam fotografi, seperti rule of three, atau lainnya. Untuk mendapatkan hal tersebut, selain memaksimalkan saat memotret, kamu juga bisa memolesnya saat proses editing.

Contohnya pada Adobe Lightroom, kamu bisa melakukan cropping atau memotong gambar sesuai proporsi yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa mengatur perspektif dari foto agar lebih proporsional.

5. Hapus Objek Foto yang Mengganggu

Salah satu permasalah saat memotret di lokasi umum adalah banyak orang yang sulit untuk kita atur. Terkadang ada saja objek yang bocor dalam frame. Mau tidak mau kita harus menggunakan foto tersebut, karena tidak mungkin kita usir.

Namun, kamu tidak perlu resah dan khawatir. Dengan fitur clone stamp yang ada pada Adobe Lightroom kamu bisa menghilangkannya dengan mudah. Jadi, jika ada objek orang atau pun lainnya yang ingin kamu hilangkan, kamu bisa gunakan fitur ini.

Jadi, nantinya hasil akhir dari foto, tidak ada objek lainnya yang mengganggu dan menyita perhatian dari fokus utama foto. Selain itu dengan menerapkan keempat tips di atas, hasil foto jadi lebih proporsional dan tentunya lebih menarik.

Mau dapatkan tips fotografi lainnya? Silahkan simak melalui halaman https://teknolagi.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *