Ini Dia Cara Membuat Olahan Tepung Terigu dan Kelapa Parut

2 min read

tepung terigu

Olahan tepung terigu dan kelapa parut sangat beragam, kamu juga bisa membuatnya untuk cemilan sehari hari. Terlebih lagi tepung terigu dan kelapa parut sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar Indonesia. Olahan itu pun bisa juga kamu kreasikan hingga bisa menjadi suatu produk yang dipasarkan.

Semakin beragam olahan yang dihasilkan maka akan semakin beragam pula permintaan pasar yang ditujukan pada para produsen. Permintaan permintaan tersebut yang akan membantu kamu untuk meningkatkan performa usahamu dalam bidang kuliner.

Siapa tau dengan olahan yang dikreasikan kamu bisa mendapatkan pundi pundi rupiah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai olahan tepung terigu dan kelapa parut kamu bisa menyimak dan membaca artikel ini sampai habis. Siapa tau salah satu olahannya bisa kamu tekuni. Silahkan disimak!

 

Tepung Terigu

tepung terigu

Tepung terigu ini umumnya terbuat dari biji gandum yang kemudian diproses dengan cara digiling sampai menghasilkan tekstur yang halus dan telah menjadi bubuk. Tepung terigu ini biasanya digunakan untuk membuat suatu makanan yang berat, seperti halnya dengan jenis kue kue an, dan lain sebagainya.

Dengan bahan dasar yang digunakan yaitu gandum, tepung terigu memang cocok untuk berbagai olahan besar. Karena gandum sendiri seperti yang sama sama kita tau, merupakan salah satu makanan pokok yang juga sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

 

Kelapa Parut

kelapa parut

Sesuai dengan namanya kelapa parut ini adalah olahan dari kelapa yang telah diparut sehingga bisa menghasilkan bentuk serabut tipis yang banyak. Umumnya orang orang melakukan pemarutan ini dengan alat, baik tradisional maupun modern. Untuk pemarut modernnya kamu bisa juga menggunakan mesin parut kelapa.

Parutan kelapa tadi biasanya akan diolah kembali menjadi sebuah santan yang proses pengolahannya dengan cara menambahkan air pada parutan kelapa dan kemudian diperas. Biasanya santan yang dihasilkan juga digunakan untuk tambahan bahan suatu olahan.

Namun tak sedikit pula orang yang secara langsung menggunakan kelapa parut dalam memproses olahannya. Bisa dengan cara ditaburkan sebagai pelengkap, atau bisa juga kelapa parut tadi langsung diolah kembali menjadi sebuah makanan.

 

Olahan Tepung Terigu dan Kelapa Parut

olahan tepung terigu dan kelapa parut

Setelah tadi sudah sama sama kita bahas satu persatu mengenai tepung terigu dan juga kelapa parut, kini kita akan membahas mengenai olahan dari keduanya. Setiap makanan pasti memerlukan beberapa bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Disini saya akan rangkumkan beberapa olahan yang pembuatannya menggunakan bahan tepung terigu dan kelapa parut serta cara membuatnya.

1. Dadar Gulung

Dadar gulung ini merupakan jajanan tradisional yang termasuk dalam jenis kue basah. Jajanan ini terbuat dari campuran tepung terigu dan kelapa parut juga dipadukan dengan gula merah untuk isiannya. Sesuai dengan namanya, penampilan yang ditampilkan oleh makanan ini yaitu tergulung. Berikut cara membuatnya.

Bahan Kulit:

  • 250 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt pasta pandan
  • 500 ml santan

Bahan Isian :

  • ½ butir kelapa yang telah diparut (kamu bisa menggunakan alat parut kelapa)
  • 150 gram gula jawa
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat :

  1. Cara pertama yaitu kamu harus membuat kulitnya terlebih dahulu dengan cara, aduk semua bahan yang tadi sudah disiapkan kemudian buat adonan sampai encer.
  2. Jika sudah kamu perlu mencetaknya dengan cara seperti kamu mendadar telur. Buat dadar secara tipis sampai adonan habis
  3. Selanjutnya kamu perlu membuat isiannya, campurkan semua bahan ke dalam wajan dengan api sedang sambil diaduk secara terus menerus sampai seluruhnya tercampur rata.
  4. Kemudian kamu bisa langsung mengolahnya dengan mengambil satu lembar dadar, lalu tarus 1 sdm isian, dan lipat seperti bentuk amplop setelah itu baru kamu gulung sampai terbentuk seperti bulatan. Lakukan hal yang sama sampai semua adonan habis.
  5. Jika sudah terbentuk, maka dadar gulung telah siap disantap.

2. Kue Kelapa

Kue kelapa adalah kue kering yang bahannya dari kelapa dan memiliki tekstur dari parutan kelapa. Kue ini biasa tersedia saat lebaran atau bisa juga untuk cemilan kamu dirumah. Berikut ini cara pembuatannya.

Bahan Bahan :

  • 60 gram unsalted butter
  • 70 gram gula halus
  • ½ sdt garam
  • 120 gram tepung terigu
  • ½ sdt baking powder
  • 100 gram parutan kelapa
  • 2 sdm susu cair
  • Kelapa parut untuk taburan

Cara Membuat :

  1. Cara yang pertama kamu perlu menyiapkan wadah, kemudian massukkan butter unsalt dan gula halus yang selanjutnya kamu bisa mengaduknya secara merata.
  2. Jika sudah dipastikan rata, kamu bisa menambahkan 100 parutan kelapa, tepung terigu, dan baking powder yang kemudian diaduk kembali.
  3. Setelah itu kamu tambahkan susu cair, dan aduk kembali adonan tadi.
  4. Kemudian, jika sudah terbentuk adonan kamu bisa mulai membentuk adonan sedikit bulat. Setelah itu adonan tadi digulingkan pada parutan kelapa. Lakukan hal tersebut sampai adonan habis.
  5. Setelah adonan habis terbentuk, kamu bisa memasukannya kedalam oven. Lalu tunggu sampai kurang lebih 15 atau 20 menit, hingga adonan berwarna kecoklatan.
  6. Kue kelapa parut telah siap dinikmati.

 

Itulah dua olahan yang biasa dibuat dari tepung terigu dan kelapa parut. Olahan itu bisa dibilang sudah biasa dibuat, namun rasa yang ditawarkan sangat enak dan memiliki tekstur kelapa.

 

Penutup

Olahan tepung terigu dan kelapa parut dapat kamu kreasikan sampai menghasilkan olahan yang sesuai dengan kemauanmu. Olahan tersebut akan jadi istimewa jika kamu membuatnya dengan hati yang damai dan niat yang bagus. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://renaultcapturcar.blogspot.com/ https://renaultcliocar.blogspot.com/ https://renaultkwidspecs.blogspot.com/ https://renaultmeganecar.blogspot.com/ https://renaultzoecar.blogspot.com/