Jenis Cold Storage dan Fungsinya Mengawetkan Makanan

1 min read

Semakin hari, kebutuhan terhadap lemari pendingin terus meningkat karena beragamnya makananan yang diproduksi. Jika mengalami kerusakan, sebaiknya segera perbaiki ke jasa service kulkas seperti Dewi Tehnik agar lebih cepat ditangani.

Mungkin Anda juga mengenai istilah cold storage yang merupakan sebuah ruangan dengan tingkatan suhu tertentu. Anda bisa melakukan penyimpanan untuk berbagai produk bahan makanan atau lainnya agar bisa lebih awet tahan lama.

Anda bisa mengenal berbagai jenis cold storage sesuai fungsi penggunaannya. Penulis akan memberikan ulasan singkat di bawah ini.

Jenis Cold Storage Sesuai Fungsi

Cold storage dibuat berdasarkan kebutuhan dan luas bangunan yang tersedia. Pembuatan storage yang sesuai kebutuhan bisa memastikan bahwa penyimpanan beku di lokasi bisa dilakukan dengan baik.

  • Chilled Room

Chilled Room ini biasanya memiliki kemampuan kondisi suhu dengan temperatur rendah mulai dari 1 derajat hingga 7 derajat celcius. Biasanya chilled storage banyak digunakan untuk menyimpan bahan makanan segar berupa sayuran dan buah-buahan.

Bisa juga untuk bahan makanan lain dengan daya tahan kesegaran tidak lebih dari 2 bulan. Jika tempat penyimpanan bahan makanan tersebut mengalami kendala sebaiknya gunakan jasa service kulkas untuk membenarkannya.

  • Freezer Room

Ukuran suhu pada freezer jauh lebih rendah yakni pada temperatur -15 derajat celcius hingga -20 derajat celcius. Dengan ukuran suhu seperti itu freezer room bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan seperti daging, ikan dan makanan yang memerlukan kondisi beku agar tahan lama.

  • Blast Chiller

Cold storage satu ini fungsinya cukup simpel yakni untuk mendinginkan makanan yang sudah beres dimasak. Penggunaannya juga dalam waktu singkat dengan temperatur antara 1 derajat celcius hingga 4 derajat celcius.

  • Blast Freezer

Hampir mirip dengan jenis yang sebelumnya, blast freezer banyak digunakan oleh industri makanan olahan. Kemampuan blast freezer diantaranya bisa mendinginkan bahan baku secara instan. Makanan olahan bisa disimpan secara aman pada suhu -20 derajat hingga -35 derajat celcius.

Keberadaan lemari es bahkan dengan tingkat suhu yang sangat rendah bertujuan untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Kerusakan pada cold storage yang tidak segera diperbaiki oleh service kulkas bisa menimbulkan basi pada makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *