Jenis Gulma Berdaun Sempit Untuk Pakan Entok

1 min read

Pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa jenis gulma berdaun sempit untuk pakan entok.

 

1. Eceng Gondok

Hingga saat ini sudah banyak peneliti yang mengamati khasiat dari eceng gondok sebagai pakan alternatif kambing. Mereka berpendapat bahwa daun dari eceng gondok ini dapat bermanfaat untuk sistem reproduksi itik untuk menghasilkan telur yang protein nya tinggi.

Penggunaan eceng gondok untuk pakan angsa ini, sering dimanfaatkan oleh para peternak pada itik yang berumur 36-60 hari, dan biasanya dibuat memakai campuran ampas tahu, nasi aking, talentul, dan juga menir.

2. Kangkung

Pada awalnya, pakan angsa liar yang difermentasi menggunakan kangkung banyak diragukan oleh para peternak. Hal ini dikarenakan kangkung memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sedangkan kemampuan daging kambing untuk mencerna makanannya tidak secepat domba dan kambing. Mereka sering khawatir jika pemberian kangkung terlalu banyak dapat membuat produksi telur menurun.

Ketika penelitian berkembang, ternyata benar. Pemberian kangkung yang berlebihan akan berdampak negatif. Artinya, pemberian feed ini masih diperbolehkan. Namun, pada tingkat yang lebih rendah. Tenang saja, pemberian ini tidak akan membuat asam urat kekurangan asupan dan juga tidak berpengaruh pada kualitas telur.

3. Daun Singkong

Jenis daun selanjutnya untuk memberi makan asam urat adalah daun singkong. Daun singkong merupakan tanaman yang mengandung protein yang cukup tinggi. Sehingga banyak peternak yang memanfaatkannya sebagai pakan alternatif itik.

Namun, peneliti mengizinkan pakan ini untuk dikonsumsi oleh bebek, dengan tahap fermentasi memakai em4 terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan dalam daun singkong mengandung sianida yang dapat menyebabkan keracunan bahkan kematian ternak.

4. Daun Pepaya

Daun pepaya yang sering dikenal sebagai obat gangguan pencernaan manusia ternyata memiliki sejuta manfaat bagi hewan ternak, termasuk angsa. Selain itu, daun pepaya juga memiliki beberapa khasiat penyembuhan, antara lain mencegah dan menghambat pembentukan katarak, mengurangi peradangan, dan masih banyak lagi.

Pakan hijauan untuk angsa ini juga memiliki potensi antiparasit, yang berguna untuk menambah bobot penyakit asam urat. Potensi ini dapat meningkatkan bobot badan sekitar 40% lebih banyak, jika dibandingkan dengan itik lainnya.

5. Debog Pisang

Gedebog pisang? pasti terdengar sangat aneh. Namun setelah dilakukan penelitian ternyata benar bahwa pakan gedebog pisang fermentasi untuk asam urat sangat bermanfaat. Sudah banyak peternak yang menerapkan teknik ini, dan berhasil mendapatkan hasil yang memuaskan.

Namun, ada juga orang yang menganggap pakan alternatif untuk itik liar ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Entok bisa mengalami diare, cacingan, tidak tahan (lemah), bahkan kematian. Nah, agar hal seperti ini tidak terjadi. Ada baiknya Anda mencari tahu apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi, sebelum mencoba pemberian pakan alternatif gedebog pisang ini.

6. Rumput Kolonjono

Rumput ini dapat tumbuh dengan baik bila ditanam dengan kacang-kacangan atau herba. Kandungan protein kasar dalam rumput kolonjono sekitar 7% dan serat kasar sekitar 35%.

Budidaya rumput ini relatif mudah karena sama dengan membudidayakan rumput jenis lain. Penanaman dapat dilakukan dengan cara stek ditanam pada lahan yang telah digemburkan serta diberi pupuk.

Umur panen pertama rumput ini sekitar 60 hari untuk siap dipotong. Rumput ini juga dapat terus tumbuh/berputar dengan tinggi stek 20-30 cm, bisa dipanen dengan cara merumput atau sistem tebang angkut. Panen yang dihasilkan mencapai 8-20 t/ha/tahun. Keunggulan rumput ini selain dapat merumput dan tumbuh dengan cepat, juga efektif mengatasi erosi tanah pada lahan miring. Namun, tanaman yang dihasilkan dari pemanenan rumput ini relatif rendah dibandingkan dengan jenis rumput gajah lainnya.

 

Itulah pembahasan pada artikel kali ini tentang jenis gulma berdaun sempit untuk pakan entok. Gunakan mesin pencacah rumput dan mesin giling sekam untuk memudahkan pembuatan  pakan pada entok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *