Manfaat Lada Hitam untuk Jantung serta Berbagai Macam Manfaat Lainnya

1 min read

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang manfaat lada hitam untuk jantung. Namun sebelum itu simak pengertian apa itu lada.

Lada

Lada, juga dikenal dengan sebutan merica, dan memiliki nama Latin Piper nigrum ialah sebuah tanaman yang mempunyai kandungan kimia melimpah, seperti minyak lemak, minyak lada, serta pati. Lada rasanya agak pahit, pedas, dan juga hangat. Pada awal mula tanaman ini telah diketahui dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu.

Pada umumnya orang-orang hanya mengenal lada putih serta lada hitam yang juga sering dimanfaatkan untuk bumbu dapur. Lada hitam dipanen dengan dipatahkan pada batangnya dan diambil ladanya dengan menggunakan mesin perontok lada dan selanjutnya bisa dikupas dengan mesin pengupas lada.

Manfaat Lada Hitam Untuk Jantung

Lada hitam adalah salah satu bahan baku makanan yang baik bagi kesehatan jantung. Efek penurun kolesterolnya bisa berguna dalam mencegah risiko timbulnya penyakit jantung. Selain itu, lada hitam juga dianggap dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Rasa pedas lada hitam dapat membuat seseorang menjadi berkeringat. Cairan yang keluar dari tubuh tersebut ternyata bisa berefek pada kesehatan jantung. Kelebihan cairan di sekitar area jantung dapat mengakibatkan ketegangan serta mempengaruhi fungsi jantung.

 

Berbagai Manfaat Lada Hitam Lainnya

1. Bertindak Sebagai Anti Radang

Salah satu manfaat lada hitam untuk kesehatan yakni sebagai zat anti radang. Ini disebabkan karena senyawa piperin yang ada pada lada hitam mempunyai kemampuan untuk meredakan peradangan dan juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

2. Mampu Melawan Infeksi

Manfaat lada hitam berikutnya yaitu mempunyai sifat antibakteri. Pada sebuah penelitian menjelaskan bahwa jika minyak lada hitam bisa membantu dalam melawan bakteri E. coli yang bisa mengakibatkan infeksi melalui makanan yang sudah terkontaminasi. Tak hanya itu, minyak yang terdapat pada lada hitam juga dapat melawan infeksi akibat bakteri Staphylococcus yang mengakibatkan bisul di kulit.

3. Meredakan Gejala Flu

Lada hitam ternyata juga bermanfaat sebagai pereda pada gejala flu. Rasa pedas yang terdapat pada lada hitam bisa bekerja sebagai dekongestan alami serta merangsang pembentukan lendir yang berguna untuk membersihkan saluran napas.

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Minyak pada lada hitam dapat juga dipakai untuk mencegah munculnya penyakit diabetes tipe 2. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa minyak lada hitam bisa menghambat enzim amilase dengan memecah pati menjadi glukosa. Manfaat ini penting untuk penderita diabetes tipe 2 sebab bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah serta menunda dalam penyerapan glukosa.

5. Mengatasi Kesulitan Saat Menelan pada Lansia

Saat kesulitan menelan makanan yang dialami para lansia sering menjadi masalah serius, misalnya pneumonia. Untungnya, sebuah penelitian menjelaskan bahwa aroma yang dihasilkan pada minyak lada hitam mampu merangsang refleks tubuh yang kemudian berguna dalam menelan makanan. Cukup dengan mencium aroma alami yang dihasilkan dari minyak lada hitam akan bisa membantu merangsang refleks otot saat menelan.

6. Membantu Mengendalikan Tumor dan Kanker

Sebuah studi menjelaskan bahwa jika piperin yang terdapat pada lada hitam dipercaya bisa menghambat pertumbuhan pada sel kanker. Zat piperin yang terdapat dalam lada hitam bekerja dengan membantu dalam mengurangi efek pada radikal bebas serta menekan timbulnya peradangan, sehingga pertumbuhan pada sel kanker bisa dihambat. Walau demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan adanya manfaat lada hitam dalam mencegah timbulnya kanker.

 

Itulah pembahasan saya pada artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *