Menulis CV Menarik, Agar Dilirik Perusahaan

1 min read

Hallo sobat semuanya, sudah tau belum, ternyata recruiter itu hanya membutuhkan waktu sekitar 6 detik saja untuk membaca CV. Maka dari itu informasi skill yang dicantumkan pada CV sangat penting guna nilai jual

Dalam CV keahlian yang ditulis dengan baik dapat menentukan apakah kalian lolos pemberkasan & dipanggil untuk melanjutkan tahapan rekrutmen selanjutnya.

Jangan asal memasukan keterampilan yang kalian miliki dalam CV ya sob. Tetap harus berhati-hati, karena jika salah memasukan, maka bisa saja recruiter malah tidak akan tertarik dengan lamaran kalian.

Lantas bagaimana cara menuliskan skill/keterampilan yang baik dan benar pada CV, yang akan kita buat? Berikut akan dijelaskan secara rinci.

 

Skill yang Bisa Masuk dalam CV

Terdapat dua kelompok skill yang manusia miliki, yaitu ada hard skill dan soft skill. Dan untuk hard skill itu terbagi pada skill professional serta teknis:

1. Soft SKill

Soft skill merupakan kualitas diri yang dipakai guna berinteraksi bersama orang lain dengan efektif dan juga humoris. Dapat dikatakan juga bahwa soft skill adalah kecerdasan emosional, kemampuan interpersonal. Dan yang lainya.

Untuk mendapatkan soft skill ini bisa didapatkan melalui pengalaman-pengalam yang didapatkan dari kehidupan, jadi bukan dari pendidikan formal.

Soft skill yang paling banyak dicari oleh rekreter dalam cv yaitu ada kepemimpinan, kolaborasi, komunikasi, manajemen waktu, dan sebagainya.

2. Hard Skill

Keterampilan keras atau Hard Skill merupakan jenis kemampuan khusus yang diperlukan dalam suatu profesi ataupun jenjang karir profesional. Jenis keterampilan ini bisa diukur dengan objektif.

Misalnya kalian akan melamar pekerjaan di posisi “social media specialist” maka hard skill yang perlu dikuasai adalah “social media marketing & analytics”. Hard skill yang memungkinkan dimasukan kedalam CV kalian yaitu video editing, content writing, serta digital photography”.

Nah, dari beberapa skill yang disebutkan diatas itu adalah kategori hard skill yang profesional. Disamping itu kalian juga perlu mencantumkan hard skill teknis.

 

Akhir Kata

Demikianlah artikel yang bersumber dari publikasijurnalnasional.com mengenai tips menulis CV yang bisa menarik perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://renaultcapturcar.blogspot.com/ https://renaultcliocar.blogspot.com/ https://renaultkwidspecs.blogspot.com/ https://renaultmeganecar.blogspot.com/ https://renaultzoecar.blogspot.com/