Pengertian Thermal Overload Relay

1 min read

Thermal Overload Relay yang disingkat dengan TOR, merupakan komponen yang memiliki peran sangat penting dalam sebuah rangkaian listrik untuk menyusun rangkaian di dalam suatu panel motor listrik. Hal tersebut adalah fungsinya. Tetapi, lebih baik membahas secara mendasar tentang pengertian thermal overload relay lebih dulu.

Alat ini memiliki kegunaannya hampir sama seperti MCB, yakni sebagai pelindung ketika secara mendadak terjadi arus listrik yang berlebih atau overload. Akan tetapi, letaknya hanya pada sistem elektro motor, bukan di rumah-rumah.

Prinsip kerjanya, mengikuti nama yang diberikan, yakni secara thermal atau prinsip kerja yang menggunakan sistem panas. Secara bentuk, pun, Thermal Overload Relay ini bentuknya juga mirip dengan MCB.

Namun, di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai pengertian thermal overload relay beserta cara kerjanya.

 

Pengertian Thermal Overload Relay

Pengertian Thermal Overload Relay atau TOR ini adalah suatu komponen yang fungsinya sebagai pengaman dalam kontraktor utama atau juga sebagai suatu komponen yang menjadi pelindung ketika sedang terjadi arus berlebih dalam suatu rangkaian motor listrik. TOR ini akan menjaga rangkaian motor listrik dari kerusakan.

Kalau listrik overload terjadi dalam panel listrik, tugas TOR adalah memberi sinyal yang akan merubah posisi kontak NC-NO. Nantinya, akan diteruskan pada suatu rangkaian listrik lalu memutuskan arus beban yang ada pada motor listrik.

Dalam TOR, terdapat Bimetal yang merupakan dua buah logam dengan koefisien untuk memuai berbeda lalu dipasangkan jadi satu. Jika sewaktu-waktu terjadi panas berlebih, logam tersebut secara otomatis akan memuai. Lalu ia akan mengalami lengkungan.

Jika logam sudah memuai dan mengalami lengkungan, maka logam yang melengkung tersebut akan sangat bermanfaat untuk memutus hubungan arus listrik yang sedang mengalir di dalam motor jika sudah terlalu panas.

Selain pada overload listrik, TOR ada beberapa hal lain yang mengakibatkan alat ini bekerja seperti:

1. Konslet listrik atau arus hubungan listrik yang terjadi pada motor.

2. Saat arus start listrik terlalu bebas dan menyebabkan motor listrik berhenti secara mendadak.

3. Ketika ada satu dari tiga fase dalam motor listrik terbuka sendiri.

4. Adanya beban mekanik yang kelewat besar. Misalnya, saat bearing yang ada pada motor mengalami macet atau mengalami masalah.

 

Prinsip Kerja Thermal Overload Relay

Secara mendasar, prinsip kerja dari Thermal Overload Relay atau TOR ini akan berjalan saat dalam satu fasa terjadi peningkatan arus listrik yang signifikan. Nantinya, element pemanas yang ada di dalam TOR langsung memanaskan dua logam bimetal. Lalu, saat kondisi dua logam tersebut memuai, akan langsung memutuskan kontak dan langsung merubah kontak di Auxiliary.

Jika sebelumnya Auxiliary sudah terhubung pada rangkaian kontrol pada panel listrik, ia akan memberi sinyal lalu menyebabkan motor mati.

 

Merk-merk Thermal Overload Relay

Di Indonesia sendiri, sudah banyak yang menjual berbagai merk Thermal Overload Relay atau TOR. Merk TOR yang cukup terkenal adalah sebagai berikut:

1. Thermal Overload Relay Schneider

2. Thermal Overload Relay LS Industri

3. Thermal Overload Relay Chint

4. Thermal Overload Relay Siemens

5. Thermal Overload Relay ABB

6. Thermal Overload Relay Mitsubishi

Setiap merk terkenal di atas memiliki rentang harga. Ada sekian rentang harga tergantung pada range dari thermal overload relay. Rentang harganya adalah sebagai berikut :

1. Thermal Overload Relay dengan range 0,10 – 38 A : Rp 316.000 – Rp 480.000

2. Thermal Overload Relay dengan range 55 – 140 A : Rp 1.100.000 – Rp 2.700.000

3. Thermal Overload Relay dengan range 150 – 630 A : Rp 4.600.000 – Rp 6.600.000

 

Dengan adanya uraian mengenai pengertian thermal overload relay, penjelasan cara kerjanya serta penyebutan beberapa merk terkenal dari TOR, semoga dengan ini kamu bisa memilih TOR yang ingin kamu gunakan. Jangan lupa, sesuaikan dengan kebutuhanmu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *