Sejarah Tentang Klub Bola Indonesia Persija Jakarta

1 min read

logo persija jakarta

Persija jakarta adalah salah satu klub sepak bola terbesar yang ada di indonesia. Klub ini sendiri termasuk ke dalam klub yang paling sukses. Kenapa? Karena klub sepak bola asal jakarta ini telah memenangkan dua kejuaraan liga 1 dan sembilan kali menang juara liga perserikatan yang sudah ada sejak tahun 1931. Klub ini sendiri memiliki julukan yang cukup keren yaitu macan kemayoran atau bahasa inggrisnya adalah The Kemayoran Tigers.

Kamu tahu tidak sih kapan tim sepak bola ini didirikan? Persija tepatnya didirikan di tahun 1928 pada tanggal 2 november yang kala itu tim ini masih menggunakan nama belanda yang disebut dengan Voetbalbond Indonesische Jacatra (V.I.J.). Kalau dihitung dari tahun 2021 maka klub ini sendiri memiliki umur yang hampir satu abad. Lebih tepatnya berumur 93 tahun.

Hebatnya persija ini masih bisa bertahan hingga sekarang, padahal biasanya kalau klub tersebut tidak bagus maka akan bangkrut dan hilang ditelan oleh jaman. Banyak kok klub dahulu yang cukup populer namun kini tinggal nama saja. Persija juga memiliki sebuah ciri khas, salah satunya adalah dilihat dari logonya. Kamu bisa melihat foto logo persija di bawah ini.

Gambar Logo Persija

logo persija jakarta

Seperti yang kamu lihat pada gambar tersebut, logo dari persija memiliki tiga warna utama yaitu Putih, Biru dan juga Oranye atau mungkin warnanya lebih mirip merah. Nah warna merah atau oranye inilah yang menjadi identitas warna dari persija. Hal ini bisa dilihat dari warna utama jersey yang mereka pakai pasti selalu memiliki warna ini. 

Biasanya warna tersebut digunakan sebagai warna utama pada jersey kandang. Sedangkan warna untuk jersey tandang menggunakan warna putih, kalau yang jersey ketiga biasanya warna yang di pakai itu random atau gabungan dari kedua warna sebelumnya. Nah, salah satu hal yang membuat klub persija jakarta ini begitu populer adalah kehadiran para fans yang sangat fanatik sekali.

Sebutan mereka adalah The Jak Mania, salah satu suporter sepak bola yang fanatik selain suporter pendukung klub persebaya yaitu bonek dan juga pendukung persib yang bernama viking. Ketiganya sering sekali terlibat bentrok dan sering juga masuk berita. Baik secara klub dan juga para pendukungnya persija memiliki sejarah yang cukup panjang. Entah itu perjuangan klub ini yang bergelut di liga utama indonesia sampai berbagai macam masalah yang dihadapi oleh klub itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *