Skoliosis dan Seluk Beluknya yang Harus Anda Pahami

1 min read

Skoliosis adalah suatu kondisi kelainan tulang belakang dimana tulang belakang mengalami kelengkungan sehingga membentuk seperti huruf C atau S. Biasanya skoliosis terjadi pada anak-anak dan remaja berusia sekitar 10 hingga 15 tahun.

Kifosis ringan biasanya lebih sering terjadi dan tak menimbulkan masalah apapun dan tak mengganggu aktivitas. Namun skoliosis dapat menjadi semakin parah seiring dengan waktu. Pada kasus skoliosis parah kelengkungan tulang belakang dapat mengganggu organ vital pada tubuh seperti paru-paru terhimpit sehingga mengalami kesulitan untuk bernafas, gangguan jantung, hati, dan lainnya.

Gejala skoliosis dapat berbeda untuk setiap orang. Umumnya skoliosis dapat diamati pada bagian tubuhnya misalnya pada tulang belikat akan tampak menonjol, tubuh condong pada satu sisi, pinggang tidak rata, demikian  juga pada bagian bahu.

Jika anda tak yakin dengan kondisi anda, sebaiknya datangilah dokter untuk dilakukan tindakan awal. Dengan diagnosis awal yang diberikan sudah dapat dijadikan upaya preventif mencegah skoliosis menjadi semakin parah. Dokter khusus yang menangani skoliosis dan tulang belakang adalah dokter ortopedi ahli spine. Jika sampai terjadi komplikasi maka dapat menyebabkan skoliosis menjadi permanen.

Dalam sebagian besar kasus skoliosis tak dapat diketahui sebabnya (idiopatik) namun terdapat kondisi umum yang dapat menyebabkan seseorang menjadi skoliosis seperti mengalami cidera pada tulang belakang, infeksi tulang belakang, tulang belakang yang sudah mulai aus karena faktor uisa, bawaan lahir dan gangguan syaraf dan otot.

Dokter akan mendiagnosa pasien dengan cara menyuruhnya untuk berbaring, duduk, berdiri, dan berjalan. Pemeriksaan dilanjutkan dengan memeriksa otot, syaraf, refleks, dan tulang. Selain pemeriksaan fisik, dokter akan meminta pasien melakukan foto rontgen dan CT scan untuk dapat mengetahui seberapa parah skoliosis dan juga memastikan penyebab lain skoliosis.

Jika skoliosis terjadi pada anak-anak maka penyembuhannya adalah dengan cara memasakannya dengan brace atau penyangga punggung. Brace berfungsi mencegah skoliosis menjadi parah.

Ketika masih anak-anak tulang masih lentur dan dapat disembuhkan. Pada orang dewasa skoliosis diatasi dengan fisioterapi atau dengan tindakan operasi jika sudah terlalu parah dan mengalami syaraf terjepit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *